PENGANTAR
LOGIKA DAN ALGORITMA DENGAN PASCAL
Pengertian LOGIKA:
Logika berasal dari bahasa
Yunani yaitu LOGOS yang berarti ilmu. Logika pada dasarnya filsafat berpikir.
Berpikir berarti melakukan suatu tindakan yang memiliki suatu tujuan. Jadi
pengertian Logika adalah ilmu berpikir / cara berpikir dengan berbagai tindakan
yang memiliki tujuan tertentu.
Pengertian
ALGORITMA:
Pada Merriam-Webster’s
Collegiate Dictionary, istilah algoritma diartikan sebagai prosedur langkah
demi langkah untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu tugas. Kamus
Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan algoritma sebagai urutan logis
pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.
Alat
Bantu untuk menuliskan Logika dan Algoritma, salah satunya adalah FLOWCHART.
Pengertian
FLOWCHART:
gambaran dalam bentuk diagram alir dari
algoritma dalam suatu program atau prosedur sistem secara logika, yang
menyatakan arah alur program dalam menyelesaikan suatu masalah.
Pedoman-pedoman
dalam Membuat Flowchart:
- Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari suatu halaman.
- Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas.
- Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan berakhirnya (diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END).
- Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan, misalnya:
-
"Persiapkan" dokumen
-
"Hitung" gaji
- Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir harus di dalam urutan yang semestinya.
- Kegiatan yang terpotong dan akan disambung di tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung.
- Gunakanlah simbol-simbol bagan alir yang standar.
Secara
garis besar, Ada
3 bagian utama dalam flowchart :
Contoh:
Buat
algoritma dan Flowchart untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Pekerjaan:
Rumus:
LuasPersegiPanjang = Panjang x Lebar
Algoritma:
- Tentukan nama variabel yang akan menampung data Panjang, lebar dan luas persegi panjang.
- Masukkan (inputkan) data Panjang dan Lebar pada variabel yang sudah ditentukan.
- Hitung Luas persegi panjang.
- Tampilkan (outputkan) Luas persegi panjang.
Flowchart:
Latihan:
Buat
algoritma dan Flowchart untuk Menghitung:
- Luas Segitiga
- Luas Lingkaran
IMPLEMENTASI
DALAM PROGRAM
(Sebagai
contoh: Bahasa Pemrograman Pascal)
Pengertian
PROGRAM:
Kumpulan instruksi (statements) yang disusun
secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Instruksi-instruksi yang digunakan
disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan (reserved word yang
disediakan).
Stuktur
Penulisan Pascal:
Program
Nama_Program;
uses
. . . {Unit-unit yang dipakai} ;
label
. . . {label-label yang dipakai } ;
const
. . . {pengumuman tetapan-tetapan} ;
type
. . . { pengumuman tipe-tipe data };
var
. . . { pengumuman peubah-peubah };
procedure Nama_Prosedur;
begin
. . .
end;
Function Nama_Fungsi;
begin
. . .
end;
{ Program utama }
begin
. . .
end.
Perintah
Input :
Perintah Pascal yang digunakan untuk
memasukkan/menginputkan data.
Bentuk
perintah:
Read dan Readln
Struktur
penulisan:
Read(nama
variabel);
Readln(nama
Variabel)
Perintah
Output:
Perintah Pascal yang digunakan untuk
menampilkan/mengoutputkan data.
Bentuk perintah:
Write : setelah menampilkan
data atau teks, kursor berada tepat disamping kanan data yang ditampilkan.
Write : setelah menampilkan
data atau teks, kursor berada pada baris berikutnya.
Struktur
penulisan:
write(nama
variabel);
write(‘teks’);
writeln(nama
Variabel);
writeln(‘teks’);
Contoh:
Buat
program sederhana untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Program LuasPersegiPanjang;
Var
Luas, Panjang, Lebar : integer;
Begin
Readln(panjang);
Readln(Lebar);Luas:= Panjang*Lebar;
Writeln(‘Luas Persegi Panjang
adalah:’,Luas);
Readln;
End.
Tampilan
pada lembar kerja Pascal:
Menjalankan
program dengan perintah:
Ctrl+F9(tekan tombol Ctrl dan F9 bersama-sama).
Apabila
Panjang diisi 7 dan lebar diisi 8 maka hasil perintah diatas tampil sbb:
Latihan:
Buat
program sederhana untuk Menghitung:
- Luas Segitiga
- Luas Lingkaran
STRUKTUR
KENDALI “IF’
Struktur kendali aliran adalah suatu bentuk/struktur yang memiliki peranan
khusus untuk mengatur aliran urutan
pengerjaan operasi atau beberapa operasi tertentu.
Salah satu contoh pernyataan kendali yaitu pernyataan if .
Pernyataan if (if statement)
akan memeriksa suatu persyaratan dan menentukan
apakah syarat tersebut benar atau salah, kemudian melakukan pekerjaan
sesuai dengan nilai pernyataan tersebut.
Struktur
Penulisan:
Berikut adalah
bentuk-bentuk dari pernyataan if yang
sering digunakan :
1.
If dengan
satu pernyataan (statement)
If (kondisi) then pernyataan ;
2.
If dengan
dua atau lebih pernyataan (statement)
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
3.
If dan else
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end
else
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
Dari bentuk bentuk pernyataan if di atas yang harus diperhatikan adalah untuk pernyataan if dan else, pernyataan-pernyataan setelah then tanpa menggunakan “;”. Dengan kata lain jika pernyataan
setelah then hanya terdiri dari satu pernyataan saja makan pernyataan tersebut
tanpa menggunakan “;”, namun jika pernyataan setelah then terdiri dari lebih
dari satu pernyataan makan setelah end
tanpa menggunakan “;”.
Latihan:
Buat flowchart dan
program sederhana untuk menampilkan bilangan terbesar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar